Cara Jitu Cek BPJS Kesehatan - Social BookMarket.Info Berita Online Sosial

Rabu, 18 Maret 2020

Cara Jitu Cek BPJS Kesehatan



Cek BPJS Kesehatan  - Tagihan BPJS Kesehatan memang harus dibayarkan setiap satu bulannya supaya fasilitas bisa dinikmati. BPJS kesehatan adalah program wajib untuk masyarakat Indonesia. Dengan membayar tagihan BPJS kesehatan setiap satu bulannya, maka masyarakat bisa berobat secara gratis baik di klinik maupun rumah sakit. 

Kalian bisa mengecek pembayaran BPJS melalui beberapa cara, diantaranya:
  1. Terjangkau
Jika dibandingkan dengan premi asuransi dari perusahaan penyedia jasa asuransi swasta,BPJS Kesehatan jauh lebih murah, namun jangan kalian anggap itu murahan. BPJS Kesehatan hanya memungut premi mulai dari 25 ribu rupiah saja per bulannya. Dengan tagihan tersebut, para pasien sudah bisa mendapat layanan dan juga perlindungan kesehatan mulai dari pemeriksaan, rawat inap, bedah, obat obatan, bahkan biaya untuk cuci darah dan juga persalinan secara gratis.
  1. Wajib
Pemerintah menyelenggarakan program BPJS Kesehatan ini bersifat wajib bagi seluruh warga negara Indonesia. Dengan pemerintah sebagai penyelenggara, program BPJS Kesehatan mempunyai kekuatan hukum dan juga jaminan yang kuat serta dapat dipertanggung jawabkan.
  1. Dijamin seumur hidup
Layanan BPJS kesehatan inj menjamin layanan dan juga kesehatan bagi setiap pesertanya untuk periode waktu yang sangat lama yaitu seumur hidup. Jadi kalian tidak perlu khawatir di hari tua nanti ketika kondisi tubuh sudah rentan terserang penyakit.
Dengan biaya iuran BPJS Kesehatan yang murah, persyaratan BPJS Kesehatan yang mudah, yang sesuai dengan PERMENKES 28/2014 tertulis bahwa semua jenis penyakit ditanggung oleh BPJS Kesehatan kecuali daftar penyakit yang disebutkan secara eksplisit sebagai tidak ditanggung. Akan tetapi, ada perbedaan dari penyakit yang ditanggung oleh institusi Puskesmas dan rumah sakit berdasarkan dengan kapabilitas dan fasilitas kesehatan masing masing.
Bagi kalian yang telah mendaftar BPJS Kesehatan, pemerintah bekerja sama dengan sejumlah fasilitas kesehatan sehingga kalian bisa memilih fasilitas kesehatan rujukan yang tertulis pada kartu BPJS Kesehatan kalian. Ada 3 tingkat fasilitas kesehatan yang sudah ditetapkan dalam BPJS Kesehatan. Berikut merupakan fasilitas kesehatan yang ada di BPJS kesehatan:
  1. Fasilitas kesehatan tingkat 1
Fasilitas kesehatan tingkat satu ini terdiri dari puskesmas, klinik, praktek dokter, praktek dokter gigi, dan rumah sakit tipe D.
  1. Fasilitas Kesehatan tingkat 2
Fasilitas kesehatan tingkat 2 menurut sistem rujukan berjenjang diisi oleh tipe 2 rumah sakit yaitu rumah sakit tipe C dan B. Di lapangan BPJS Kesehatan akan mengarahkan bahwa jika dari PPK 1 pasien tidak bisa ditangani maka akan dirujuk secara berjenjang ke tipe D dan C terlebih dahulu, baru kemudian ke tipe B, dan bila diperlukan baru ke tipe A.
  1. Fasilitas Kesehatan tingkat 3 
Terdiri dari rumah sakit tipe A, dan rumah sakit ini merupakan rumah sakit yang paling lengkap dengan sarana dan prasarana.
  1. Website
Cara yang pertama kalian bisa mengecek pembayaran BPJS Kesehatan dengan mengunjungi laman di alamat https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/. Kemudian kalian akan diminta untuk mengisi data yang diminta. Data yang digunakan untuk login BPJS kesehatan yaitu nomor kartu BPJS Kesehatan, tanggal lahir, dan juga angka yang digunakan untuk validasi. Setelah semua data kalian isi dengan benar maka selanjutnya klik cek dan data pembayaran akn keluar. Data cek pembayaran BPJS Kesehatan akan menunjukkan nama peserta BPJS Kesehatan, jumlah anggota keluarga yang ikut, hingga status aktif atau tidak aktif. Selain itu, kalian juga dapat mengecek denda BPJS pada laman yang sama juga. Pada sisi paling kanan akan tertera jumlah tagihan yang harus kalian bayarkan pada bulan ini.
  1. SMS
Cara yang kedua yang bisa kalian lakukan adalah dengan cek pembayaran BPJS kesehatan juga bisa kalian lakukan dengan SMS. Kalian cukup membuka SMS dan ketik 'NIK (spasi) Nomor Kependudukan atau NOKA (spasi) Nomor Kartu BPJS Kesehatan'. Jika kalian sudah memasukkan data dengan benar kirim SMS cek pembayaran BPJS Kesehatan ke nomor layanan BPJS Kesehatan di 087 775 500 400.
  1. Aplikasi 
Cara cek pembayaran BPJS kesehatan yang terakhir dengan aplikasi cek BPJS kesehatan. Kalian hanya perlu mendownload aplikasi mobile JKN di handphone. Kemudian , registrasi dengan memasukkan nomor kartu BPJS kesehatan dan juga alamat email. Kemudian, login dengan data yang telah kalian daftarkan tadi. Kemudian pilih menu tagihan, lalu premi. Terakhir kalian akan mendapatkan informasi cek pembayaran BPJS kesehatan di layar handphone kalian.
Banyak cara yang tersedia untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan untuk setiap satu bulannya. Salah satu cara yang masih banyak digunakan oleh masyarakat adalah membayar secara langsung melalui loker BPJS Kesehatan. Sudah repot, juga memakan waktu yang lama juga. Bayar iuran BPJS kesehatan dengan cara mengatur sangatlah tidak efisien dan efektif untuk saat ini. Banyak cara secara online yang dapat kalian lakukan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan, salah satunya dengan tokopedia. Demi memudahkan proses transaksi, tokopedia juga menghadirkan fitur pembayaran iuran BPJS kesehatan online, dimana kalian bisa membayar iuran BPJS seperti membeli pulsa, paket roaming, token listrik, dan lain sebagainya sehingga kalian tidak perlu bersusah payah dan juga membuang waktu mengantri membayar iuran BPJS kesehatan. Selain itu kalian juga bisa membayar tagihan BPJS ketenagakerjaan. Kalian bisa mengunjungi tokopedia melalui website atau pun aplikasi mobile. Selain itu, banyak juga promo dan jiga cashback yang bisa kalian dapatkan setiap kali kalian melakukan transaksi pembayaran BPJS kesehatan online. Kalian juga bisa melakukan cek tagihan iuran BPJS kesehatan online melalui blibli. Berikut adalah langkah untuk cek tagihan BPJS Kesehatan Online:
  1. Buka laman tokopedia BPJS Kesehatan
  2. Selanjutkan kalian diminta memasukkan nomor peserta BPJS Kesehatan kalian yang tertera pada kartu BPJS kesehatan kalian.
  3. Maka sistem secara otomatis akan mengeluarkan rincian pembayaran BPJS Kesehatan kalian.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda